Visi

Visi merupakan rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan. Visi Kepala Desa Aik Pelempang Jaya adalah:
“Terwujudnya tata kelola Pemerintah Desa yang baik dan bersih guna mewujudkan kehidupan masyarakat desa yang mandiri, adil, sejahtera dan religius” 

Misi 

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi Kepala Desa Aik Pelempang Jaya adalah :

  1. Melakukan reformasi sistem kinerja aparatur pemerintah desa guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
  2. Melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan pemerintah desa Aik Pelempang Jaya periode lalu, sebagaimana tercantum dalam dokumen RPJMDes Aik Pelempang Jaya.
  3. Menyelenggarakan urusan Pemerintah Desa secara terbuka, dan bertanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  4. Inventarisasi tanah-tanah milik desa sewaktu penyerahan dari Pemerintah Desa Paal Satu.
  5. Melakukan kerjasama dengan desa yang wilayah berbatasan langsung dengan Desa Aik Pelempang Jaya, untuk menghindari gejolak di masyarakat yaitu daerah yang sumber daya alamnya kaya.
  6. Meningkatkan pendapatan dan kemajuan desa dengan pembangunan pasar desa, SPBU mini, yang dikelola oleh BUMDes.
  7. Melakukan koordinasi dengan PT. Perumnas tentang kepastian status komplek perumnas yang ada di RT 7, 8, 9, 10, 11, 12, serta mengupayakan pembangunan komplek perumnas melalui Dana Desa (DD), ADD (Alokasi Dana Desa), APBD kabupaten dan APBD Propinsi dan memperjuangkan status tanah-tanah fasilitas umum dan tanah masjid di komplek prumnas menjadi milik desa.
  8. Membantu menjembatani kepentingan masyarakat desa Aik Pelempang Jaya akan kepastian hukum dan kepemilikan tanah.
  9. Melakukan kerjasama dengan pelaku usaha untuk ikut melaksanakan/ menggerakkan perekonomian warga masyarakat desa Aik Pelempang Jaya.
  10. Mengalokasikan dana untuk kegiatan kepemudaan, olah-raga, keagamaan, serta kegiatan lain untuk mendukung kegiatan masyarakat desa.
  11. Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat , mendorong masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat serta melakukan pendampingan peran kader Posyandu Balita dan Lansia agar tercapai kesehatan masyarakat secara lahir dan batin.
  12. Melaksanakan program bedah rumah bagi warga yang tidak mampu.
  13. Pemanfaatan lahan kosong di sekitar pekarangan rumah sehingga bisa lebih produktif.
  14. Melaksanakan Night Meeting Forum (Pertemuan Malam Hari).
  15. Menghidupkan hari besar islam, dengan mengadakan kegiatan di masyarakat dalam bentuk Iomba-lomba, pengajian dan ceramah agama